Sabtu, 16 Januari 2010

BENTO




Hayoo…!!! Siapa yang bawa bekal ke sekolah…?? *ditanya begitu dengan cepat saia mengacungkan kaki, eh tangan maksudnya*. Pasti bagi sebagian siswa siswi ada yang membawa bekal ke sekolah, disamping alasan kesehatan, membawa bekal juga dapat mnghemat uang jajan *dengan mantap ipin berkata “btul…btul…btul..*


Orang Jepang juga memiliki kebiasaan yang sama dengan membawa bekal dari rumah. Bekal tersebut disebut Bento sedangkan wadahnya disebut bento bako. Kata bento sendiri diadaptasi dari bahasa Cina sat jaman dinasti Song Selatan (960-1279), artinya kira-kira “berguna”, “bermanfaaat”, dan “tidak menyusahkan”. Namun pada masa sekarang lebih diasosiasikan sebagai bekal atau makanan kotakan.


Bento yang paling awal dibuat diperkirakan muncul pada periode Heian (794-1185) dengan bola-bola nasi yang disebut tonjiki dan nasi kering yang disebut hoshii. Hoshii ini dapat dimakan begitu saja ataupun direbus dengan air agar lebih lembut kembali.

Saat ini bento lazim dibawa sebagai bekal ke sekolah, ke kantor, saat piknik, atau saat istimewa lainnya. Membuat bento untuk anak-anaknya atau suaminya menjadi persaingan tersendiri bagi para ibu-ibu rumah tangga (hi hi hi^v^ lucu ya…). Jumlah jenis lauk yang dimasak, rasa dan cara mendekorasi bento konon bias menaikkan prestise sang ibu/istri dimata orang-orang sekitarnya.



Jenis-jenis Bento

Jenis-jenis bento banyak sekali di Jepang, diantaranya :

Hinomaru Bento

Bento sederhana yang terdiri dari nasiputih dengan umeboshi (acar plum) diletakkan di tengah-tengah. Penampilan bento ini mengingatkan pada bendera Jepang, sehingga disebut Hinomaru.


Noriben

Bento yang tak kalah sederhana dengan hinomaru bento. Berupa nasi yang ditutupi nori yang dicelupkan ke shouyu (kecap Jepang).


Sokuben

Kira-kira artinya bento expres. Yang termasuk bento ini adalah ekiben, soraben, dan tamaben.


Soraben

Bento yang mulai dijul di bandara sejak tahun 2000, biasanya dimakan saat menunggu kedatangan pesawat terbang. Tamaben berarti bento yang dijual di Nagoya Dome, salah satu stadion baseball.


Sushizume

Bento yang diisi dengan sushi.


Chara Bento

(baca kyaraben) Bento yang didekorasi sedemikian rupa sehingga berbentu seperti orang, binatang atau tokoh anime-manga, dll.



Animonster magazine

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates